Ditinggal Bepergian, Rumah Ditelan Api

Penghujung bulan Februari 2019 ini merupakan hari yang naas bagi Y dan keluarga yang tinggal di salah satu rumah kontrakan Jalan Aryo Blitar, Kel. Blitar, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. Ketika tidak sedang di rumah, api membakar sebagian besar rumah kontrakan yang mereka tinggali. Beruntung, warga sekitar dan tim pemadam kebakaran Kota Blitar bergerak cepat dan tangkas dalam menanggapi kejadian tersebut.


Kronologi terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Salah satu pekerja pembuat bata, U yang berada di halaman lokasi kebakaran mendengar adanya ledakan-ledakan kecil dari dalam TKP. Segera dia melaporkan kejadian tersebut kepada mandornya, YN untuk ditindaklanjuti. Hal itu dikarenakan penghuni rumah antara lain Y, istri dan kedua anaknya sedang bepergian. YN segera mengonfirmasi berita tersebut. Terkejut, api melahap sebagian besar kayu yang berada di dalam rumah. Rumah Y memang berisi potongan-porongan bambu kering yang biasa digunakan untuk kerajinan. Hal itu semakin memicu api membesar. Akhirnya para pekerja pembuat bata dan beberapa warga mulai berduyun-duyun bekerja sama. Dengan alat seadanya berupa ember dan selang yang tersalur dengan air, mereka berusaha memadamkan api.


Asap hitam semakin membumbung. Warga belum bisa mengatasi si jago merah yang terus mengamuk. YN menemui salah satu mahasiswi, EZ yang berada di sekitar lokasi dan memintanya untuk menghubungi tim pemadam kebakaran. Dengan akses dan informasi yang bisa dia dapatkan, akhirnya tim pemadam kebakaran Kota Blitar berhasil dihubungi. Menunggu kurang lebih lima menit, serombongan tim pemadam datang.

Dengan tangkas dan profesional, tim pemadam membagi tugas. Jalan Aryo Blitar bagian selatan seketika ditutup dengan beberapa polisi yang siaga di perempatan akses menuju lokasi, membelokkan warga untuk tidak melalui jalan tersebut. Tim lain segera mengambil selang dan menyemburkan air dengan debit besar untuk memadamkan api. Sekitar 15 menit, api berhasil ditaklukkan.


Menurut YN, api dipicu oleh konsleting listrik.dari dalam rumah yang kemudian merambat ke beberapa bambu. Karena kering, api membesar hingga genting rumah. Tidak ada korban jiwa, memang. Tapi kerugian yang dialami oleh Y tidaklah sedikit.

"Beruntung, warga segera sigap membantu. Tim pemadam juga segera datang, sehingga bagian depan rumah masih bisa diselamatkan," kata YN.





[ezpd]

Comments

Popular Posts