Pernahkah Mama Tiba-tiba Tantrum karena Lelah? Lalu Bagaimana Mengatasinya?



Ma, sedang lelah ya? Sama. Kadang, benar-benar sampai nangis sesenggukan. Selelah ini ternyata menjadi ibu. Meski badan lelah, namun tetap tidak bisa istirahat. Kadang cukup sulit ya. 

Tapi, Ma. Kita ini adalah semesta bagi si kecil. Kita adalah dunia baginya. Kita adalah rumah baginya. Kita adalah kehidupan baginya. Kemanapun kaki kita melangkah, si kecil akan mengekor di belakang kita. Memastikan bahwa ibunya tidak akan hilang dari pandangannya. Sebab bersama ibunya, dia merasa aman, merasa nyaman dan tenang. Sekejap saja ibunya menghilang dari pandangan, ia akan gusar, gelisah dan mengekspresikan itu semua dengan menangis.

Ma, menjadi ibu ternyata memang tidak mudah. Tapi Mama tentu tahu, menjadi ibu merupakan ladang terbesar untuk jihad kita. 

Si kecil memang kadang demikian, Ma. Suka menggemaskan perilakunya. Kita sebagai ibu yang lelah, kadang melampiaskan kelelahan kita kepadanya yang masih begitu kecil. Lihatlah jemarinya, Ma. Sekecil itu, anak kita tapi kadang kita sudah menuntutnya untuk berbagi kesulitan. 

Ma, it's okay. Mama pasti akan minta maaf kepada si kecil. Dan dengan keluguannya, ia pasti akan langsung memaafkan Ma. Sebab Mama adalah segalanya baginya. 

Ma, sabarlah. Beberapa tahun lagi, ia akan tumbuh dan hidup dengan takdirnya sendiri. Beberapa tahun lagi ia tidak akan minta disuapi lagi, Ma. Ia akan mandiri. Bahkan semuanya bisa sendiri. Beberapa tahun lagi, ia tidak akan mengekor di belakang Mama lagi. Ia akan berjalan sendiri. 

Ma, jika lelah istirahatlah. Mintalah waktu me time dari papa. Dengan me time, walau sebentar akan mengembalikan mood mama untuk kembali bahagia dan ceria bersama si kecil. 

Juga, Ma. Jangan lupa selalu katakan kepada si kecil, bahwa dia sangat berharga. Karena begitu berharga, itulah sebabnya ia hadir.

Ma, sabarlah. Allah menghitung semua lelah Mama dengan pahala yang tak terbatas. Allah tahu, dan Mama pasti akan shock dengan surprise pahala mengasuh si kecil dari-Nya. Si kecil adalah ladang pahala untukmu, Ma. Jagalah amanah-Nya dengan penjagaan terbaik. Doakan kebaikan untuknya, Ma. Sebab doa seorang ibu tidak akan pernah terhijab. 

Mama hebat, peluk sayang dari seorang mama juga.


Comments

Popular Posts